Latar Belakang Kegiatan

Penerapan Undang-Undang Perbankan, Standar Akuntansi Keuangan,  dengan Undang-Undang Pajak sebagai hukum administrasi perlu lebih diperjelas agar menciptakan rasa keadilan bagi semua pihak. Asas keadilan merupakan asas yang penting dan sering menjadi pertimbangan dalam mendesain kebijakan perpajakan. Suatu sistem perpajakan dapat dikatakan berhasil apabila masyarakatnya merasa yakin bahwa pajak-pajak yang dipungut pemerintah telah dikenakan secara adil dan setiap orang telah membayar sesuai bagiannya.

Dalam pengenaan pajak terdapat keadilan horizontal dan keadilan vertikal. Keadilan horizontal dalam perspektif pajak mengandung makna, untuk wajib pajak dengan kondisi kemampuan atau penghasilan yang sama harus dikenakan jumlah pajak yang sama. Sementara keadilan vertikal diartikan semakin tinggi kemampuan ekonomis wajib pajak, semakin tinggi pula beban pajak yang dikenakan. Konsep ini yang mendasari pengenaan pajak penghasilan secara progresif.

Kegiatan ini berbentuk forum ilmiah untuk mendisseminasikan kegiatan penelitian di bidang perpajakan dari berbagai sudut pandang dari peserta. Peserta seminar ini adalah dari  akademisi dan para praktisi sebagai bagian pengembangan ilmu dibidang perpajakan. Simposium Nasional Perpajakan ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

 

Latar Belakang Kegiatan

Tujuan Kegiatan

Bidang Kegiatan

Jadwal Kegiatan

Konstribusi & Fasilitas

Ketentuan Makalah dan Pendaftaran

Contact Person

Informasi Hotel

Jadwal Penjemputan Peserta

Download Formulir Pendaftaran