Kuliah Tamu “Akuntansi Perbankan Syariah antara Standart dan Praktek”

Kuliah Tamu “Akuntansi Perbankan Syariah antara Standart dan Praktek”

Kuliah Tamu Akuntansi Syariah yang diselenggarakan oleh Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura pada Hari Selasa, 21 Mei 2013 berlangsung sukses dan lancar. Acara yang dimulai pkl 09.30 ini, bertemakan “Akuntansi Perbankan Syariah antara Standart dan Praktek”. Peserta acara Kuliah Tamu ini merupakan mahasiswa prodi akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis UTM dan pembicaranya merupakan Kepala Cabang BSM Pamekasan, Bapak Jastra Ferdynan.

Acara dimulai seperti biasanya dengan bacaan basmalah dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Kuliah Tamu ini terselenggara berkat kerjasama antara FEB UTM dengan Bank Mandiri Syariah khususnya yang di Madura sejak tahun 2010. Kemitraan yang terjalin ini berdasarkan tridarma perguruan tinggi sekaligus bisnis. Dalam sambutannya, Bapak Prof. Dr. H. M. Nizarul alim., SE., MSi., Ak pun mengatakan “Untuk mendukung muatan syariah yang dikembangkan Fakultas Ekonomi, kami memang harus bermitra dengan stakeholder. Kamipun telah memperkenalkan macam-macam produk Mandiri Syariah beberapa waktu lalu.”

Acara kuliah tamu ini, dimoderatori oleh dosen akuntansi, Bapak Muh. Syam Kusufi. Kuliah Tamu ini jg terdapat sesi tanya jawab yang cukup antusias disambut oleh peserta kuliah tamu. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya peserta yang bertanya. Di akhir acara, bapak Syam Kusufi menyimpulkan, meskipun bank-bank syariah ini menganut sistem ekonomi islam, tetapi pada kenyataannya nasabah bank syarah lebih banyak warga tionghoa (Non Islam). Dan Bank Syariah terbesar di dunia, terdapat di London. Sedangkan untuk ATM, Bank syariah di Indonesia yang sudah membuatnya baru BNI Syariah.

Tagged with:

About author

Related Articles